Detail Aspirasi
beberapa waktu yang lalu, istri saya mengurus akta kelahiran anak ke-2 kami dengan membawa dokumen sesuai persyaratan (KTP; KK; Surat Keterangan Lahir; Buku Nikah; Pengantar Kelurahan; beserta kedua orang tua kami sebagai saksi). Kami cukup puas dengan pembaharuan KK yang berlangsung cepat. Kemudian pada saat akan mengurus akta kelahiran, petugas disdukcapil menyatakan ada perbedaan nama istri saya pada buku nikah dan KTP (pada KTP tertera nama Diyah, sedangkan buku nikah Diah) dan diminta untuk memperbaiki. Istri saya pun akhirnya memperbaiki buku nikah tsb di kantor KUA asal (Kota Bekasi). setelah perbaikan, istri saya pun kembali mendatangi disdukcapil. namun petugas masih tetap menyalahkan perbaikan tsb. karena tidak ada tanda tangan dan cap perbaikan. disamping itu, petugas tsb. juga menanyakan buku nikah suami padahal secara isi kedua buku tsb sama persis. Bahkan petugas tsb. menyuruh agar saya mendatangi disdukcapil, padahal saya adalah karyawan swasta yang tidak mudah untuk bisa meninggalkan tempat kerja seenaknya sendiri. Hal ini membuat kami berprasangka yang buruk tentang pelayanan disdukcapil yang terkesan mempersulit, karena hakikat dari dokumen tsb adalah memastikan orangtua kandung anak tsb benar adanya. Apakah hanya karena perbedaan satu huruf saja membuat pelayanan disdukcapil terkesan bertele-tele dan mempersulit? Belum lagi biaya yang harus kami keluarkan untuk perjalanan bogor-bekasi. Kami mohon agar masalah tsb diklarifikasi, karena kami pada akhirnya menjadi setengah hati untuk mengurus akta kelahiran anak ke-2 kami. Sedangkan pada hakikatnya pendataan penduduk adalah sepenuhnya menjadi tanggung jawab pemerintah kota melalui dinas terkait. Demikian mohon agar menjadi perhatian pemerintah kota Bogor dan harap maklum adanya. Terima kasih atas klarifikasi dan bantuannya melalui dinas terkait.
Tanggapan Admin
Pemkot Sdr Gembong Agronomianto, untuk pembuatan akta kelahiran nama yang tercantum dalam surat nikah harus sama persis dengan nama yang tercantum dalam KTP dan KK. Kalau tidak sama harus diperbaiki salah satunya dari dokumen yang ada bila sudah diperbaiki harus di tandatangani dan distempel instansi yang berwenang mengeluarkan dokumen tersebut sebagai tanda keabsahannya dan sekaligus sebagai perbaikan pada buku register dokumen tersebut pada instansi yang mengeluarkan.
Lacak Aspirasi Saya
Telusuri Aspirasi anda

Disini anda dapat melihat detail aspirasi atau pengaduan yang telah Anda kirimkan dengan mengentrikan IDTIKET yang sudah diinfokan melalui email/sms/aplikasi android untuk memantau respon terkini dari aspirasi/pengaduan Anda tersebut.

Testimoni Warga

istimewa bogor mudah2an cepat tanggap mimin nya

denz, sempur kaler bogor

Yang paling penting adalah wadah pengaduan dan saran ini harus bersifat membangun untuk kepentingan orang banyak dan terlebih tidak hanya cuma dibaca asal lewat tetapi ditindak lanjuti (bukti nyata).

Doddy Bilhaqi, Perum Puri Delta Kencana Blok i No 14, Jl Raya Kalimurni, Kec. Kencana, Kel Tanah Sareal, Cilebut -

Dengan adanya media ini, mudah-mudahan dapat membuka dan mempermudah komunikasi antara warga dengan pemangku kepentingan untuk kemajuan dan kesejahteraan Kota Bogor.

Agung, KP. PANGKALAN RT.04 RW.01 KELURAHAN CIBULUH KECAMATAN BOGOR UTARA

Kota Bogor pemerintahannya makin terbuka dengan adanya web aspirasi kota bogor. Keren (Y)

ardi, depok

Alhamdulillah... kota bogor punya web aspirasi untuk warga bogor. maju terus pemerintahan kota bogor.

zundillah, depok

Semoga aspirasi positif warga Bogor yang cinta kota kelahirannya dapat repon positif juga dari PEMDA.

Rustamaji, Dekeng Rt 002/03 - Kel. Genteng Bogor Selatan

Keren, raos pisan aspirasina... mudah-mudahan langgeng sareng maju terus ieu web na. (Y) :)

Hikmah Tiar, Kertamaya

Bravo..Buitenzorg my soul..."Aspirasi tanpa tindakan adalah angan belaka"

Husy, sukasari bogor timur

kereeeeennnn....

Riksa, Jl. Cimanggu Kecil

Mudah-mudahan dengan adanya media ini masyarakat merasa diperhatikan dan lebih perduli pada kotanya.

Zaenal, Kp. Ciberureum Kel. Mulyaharja, Bogor Selatan
android.jpg
call_center.jpg